Tips Memilih Jurusan Kuliah SMA IPA

Memilih jurusan kuliah bukanlah hal yang sepele untuk dilakukan. Proses pemilihan ini membutuhkan banyak pertimbangan dan sebaiknya disesuaikan dengan jurusan SMA. Apabila Kalian adalah anak IPA, tentu Kalian sebaiknya memilih jurusan kuliah IPA. Agar Kalian dapat memilih jurusan kuliah dengan lebih mudah, Kalian dapat menyimak tips memilih jurusan kuliah SMA IPA berikut ini.

Tips Memilih Jurusan Kuliah SMA IPA
 
1. Pilih jurusan sesuai tipe kecerdasan

Tipe kecerdasan ada beberapa macam dan setiap orang memiliki tipe kecerdasan yang berbeda-beda. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan tipe kecerdasan kalian akan memberi Kalian kemudahan selama menjalani perkuliahan. Berikut ini beberapa tipe kecerdasan dan jurusan yang sesuai dengannya.

- Kecerdasan linguistik

Orang dengan kecerdasan linguistik biasanya pandai berbicara atau berkomunikasi. Selain itu, mereka biasanya juga dapat dengan mudah menguasai bahasa asing. Jadi, apabila Kalian memiliki kecerdasan ini, Kalian cocok mengambil jurusan kuliah bahasa dan sastra, Ilmu Komunikasi, dan Jurnalistik.

- Kecerdasan logika matematika

Orang dengan kecerdasan logika matematika biasanya pandai memecahkan masalah. Mereka mampu untuk menemukan solusi logis dan rasional untuk berbagai masalah. Sehingga, jurusan kuliah yang cocok untuk Kalian yang memiliki kecerdasan ini adalah jurusan Kedokteran, Teknik Informatika, Akuntansi, serta jurusan-jurusan yang ada di fakultas MIPA.

- Kecerdasan visual spasial

Orang yang memiliki kecerdasan visual spasial biasanya menyukai dimensi visual dan spasial. Mereka dapat melihat objek dalam berbagai sudut pandang serta peka terhadap warna, ruang, bentuk, garis, serta ukuran. Bagi kalian yang memiliki kecerdasan ini, kalian dapat memilih jurusan Teknik Arsitektur, Desain Grafis, dan Seni.

- Kecerdasan interpersonal

Mereka yang memiliki kecerdasan interpersonal bisanya pandai bergaul dan bekerja sama dengan orang lain. Mereka juga peka terhadap perasaan, raut wajah, dan watak orang lain. Sehingga, Kalian yang memiliki kecerdasan ini akan cocok memilih jurusan Psikologi, Pendidikan, serta jurusan lain yang prospek karirnya berkaitan dengan pelayanan jasa.

- Kecerdasan intrapersonal

Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk memahami dirinya sendiri, disiplin, dan sopan Apabila Kalian memiliki kecerdasan ini, Kalian dapat memilih jurusan teologi atau bimbingan dan konseling.

- Kecerdasan kinestetik jasmani

Mereka yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya pandai melakukan olahraga. Untuk kalian yang memiliki kecerdasan ini, jurusan Pendidikan Olahraga dan Seni Tari dapat menjadi pilihan yang tepat.

- Kecerdasan musikal

Mereka yang memiliki kecerdasan musikal, biasanya bisa memainkan setidaknya satu alat musik, peka terhadap nada, ritme, serta melodi, dan dapat menghafal nada lagu dengan sangat mudah. Apabila Kalian memiliki tipe kecerdasan ini, Jurusan Seni Musik akan sangat cocok untuk Kalian.

2. Pertimbangkan minat 

Selain mempertimbangkan tipe kecerdasan, Kalian juga wajib mempertimbangkan minat. Kuliah di jurusan yang Kalian minati pasti akan terasa lebih nyaman daripada di jurusan yang tidak kalian minati.

3. Pertimbangkan biaya

Jurusan kuliah tertentu membutuhkan lebih banyak biaya daripada jurusan lain. Jika memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan finansial kalian, risiko drop out karena masalah biaya dapat diminimalisir. Jurusan kedokteran, teknik, dan jurusan lain yang membutuhkan banyak praktikum biasanya membutuhkan biaya yang lebih besar daripada jurusan dengan sedikit praktikum

4. Pertimbangkan prospek karir

Setiap jurusan kuliah memiliki prospek karir yang berbeda. Ada yang memiliki prospek karir yang bagus dan ada yang biasa saja. Dengan memilih jurusan yang baik prospek karirnya, Kalian akan memiliki kesempatan untuk langsung memperoleh pekerjaan setelah lulus. Contoh jurusan kuliah tersebut adalah teknik informatika, akuntansi, teknik kimia, matematika, sistem informasi, keperawatan, teknik mesin, dan pemasaran.

5. Cari tahu seperti apa perkuliahannya

Proses perkuliahan antara jurusan yang satu dengan jurusan yang lain itu tidak sama. Ada jurusan yang banyak praktikumnya dan ada yang tidak. Ada yang mendorong kita untuk aktif berdiskusi, memecahkan masalah, berkutat dengan angka, dan lain sebagainya. Dengan mempertimbangkan proses perkuliahan, Kalian dapat memilih jurusan kuliah yang sekiranya mampu Kalian jalani.
 
Jurusan-Jurusan Kuliah yang Pas untuk Anak IPA
 
1. Jurusan Teknik Kimia

Di Jurusan Teknik Kimia, mahasiswa akan belajar tentang cara mengolah bahan baku dengan proses kimia untuk dijadikan produk yang lebih berguna dan komersil. Mereka yang lulus dari jurusan ini biasanya bekerja di perusahaan makanan, consumer’s good, semen, dan pupuk.

2. Jurusan Farmasi

jurusan farmasi
Source : biofar.id
Mahasiswa Jurusan Farmasi harus siap menjalani perkuliahan yang cukup berat karena banyaknya praktikum yang harus dilakukan. Mereka tidak hanya belajar membuat obat namun juga sun block, body lotion, krim wajah, dan suplemen. Setelah lulus dari jurusan ini, mereka dapat bekerja di perusahaan obat-obatan atau menjadi apoteker. Untuk menjadi apoteker, Kalian perlu mengambil kuliah profesi selama satu tahun terlebih dahulu.

3. Jurusan Teknik Sipil

Di Jurusan Teknik Sipil, mahasiswa akan mempelajari tentang konstruksi berbagai macam bangunan, misalnya jembatan, jalan tol, gedung, dan kanal. Prospek karir jurusan ini cukup baik. Mereka yang lulus dari jurusan ini dapat bekerja di BUMN karya, lembaga pemerintah, dan perusahaan kontraktor, sebagai project manager, surveyor, perencana struktur, drafter, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Arsitektur

jurusan arsitektur
Source : kursrupiah.net
Mahasiswa Jurusan Arsitektur harus memiliki kecerdasan visual spasial yang baik. Selain itu, mereka juga harus mau bekerja keras karena tugas-tugas perkuliahan mereka cukup rumit dan biasanya membutuhkan banyak waktu untuk diselesaikan. Meski perkuliahannya bisa dikatakan berat, namun prospek karir lulusan jurusan ini menjanjikan gaji memuaskan.

5. Jurusan Ilmu Keperawatan

Di Jurusan Ilmu Keperawatan, mahasiswa akan belajar merawat pasien dan membantu dokter saat dokter memeriksa pasien. Mahasiswa jurusan ini biasanya langsung memperoleh pekerjaan setelah lulus.

6. Jurusan Kedokteran

Untuk menjadi mahasiswa Jurusan Kedokteran, Kalian harus pandai matematika dan ilmu alam lainnya. Jurusan yang biaya perkuliahannya mahal ini juga menuntut mahasiswanya untuk pandai memecahkan masalah, mau membaca buku kedokteran yang super tebal, serta berani membedah mayat. Meski demikian, jurusan ini tetap menjadi primadona karena prospek karirnya yang bagus.

7. Jurusan Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika adalah jurusan yang membutuhkan kecerdasan logika matematika. Di jurusan ini, mahasiswa belajar mengelola informasi dan data dengan menggunakan teknologi. Prospek karir jurusan ini sangat bagus karena hampir setiap perusahaan dan kantor membutuhkan staf IT.

8. Jurusan Teknik Pertambangan

Jurusan Teknik Pertambangan adalah salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati karena anggapan bahwa bekerja di perusahaan tambang akan memberikan gaji besar. Di jurusan ini, mahasiswa akan belajar tentang eksplorasi serta eksploitasi sumber mineral. Perlu diketahui bahwa lulusan jurusan ini harus siap bekerja di area pertambangan yang jauh dari kota.

9. Jurusan Teknologi Pangan

Di Jurusan Teknologi Pangan, mahasiswa akan belajar cara memproses bahan pangan menjadi produk makanan yang dapat dikonsumsi, yang juga meliputi pengawetan, pengemasan, dan pendistribusian. Mereka yang lulus dari jurusan ini memiliki prospek karir sebagai staf quality control di perusahaan makanan, konsultan pangan, dan staf pengembang produk di perusahaan makanan.

Semoga tips memilih jurusan kuliah SMA IPA di atas dapat membantu Kalian dalam memilih jurusan kuliah yang pas. Selain jurusan-jurusan kuliah IPA di atas, masih ada banyak lagi jurusan yang cocok bagi anak IPA. Apabila Kalian masih bingung untuk memilihnya, Kalian dapat meminta bantuan guru BK atau orang tua untuk memilih jurusan kuliah. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Jurusan Kuliah SMA IPA"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel