10 Cara Menagih Utang ke Teman Tanpa Menyakiti

Cara Menagih Utang ke Teman - Hutang merupakan masalah pelik yang sering menyebabkan dilema, apalagi jika yang berhutang adalah teman sendiri. Jika ditagih mereka tersinggung, namun jika tidak ditagih mereka lupa. Padahal, di sisi lain Kalian membutuhkan uang. Maka, tak heran jika banyak pertemanan rusak karena masalah hutang. Apabila kalian mengalaminya, berikut ini cara menagih utang ke teman yang dapat dicoba.

Berbagai Cara Menagih Utang ke Teman

1. Menagih dengan cara halus


Apabila teman kalian belum lama berhutang namun Kalian membutuhkan uang, maka sebaiknya gunakan cara halus untuk menagihnya. Dengan cara halus, teman tersebut pasti tidak akan merasa terlalu tersinggung. Selain itu, cara halus juga dapat menghindarkan keretakan hubungan pertemanan.

Contoh cara menagih hutang secara halus adalah dengan menanyakan kabar terlebih dahulu dan ngobrol-ngobrol santai. Setelah itu, tanyakan kepadanya apakah ia memiliki uang. Jika jawabannya positif, mintalah ia untuk membayar hutang dengan kata-kata yang halus dan emosi yang tenang. Jangan lupa untuk menyelipkan kata tolong dan maaf saat melakukannya.

2. Pura-pura curhat


cara menagih utang ke teman
Source : tehsariwangi.com
Teman kalian mungkin pura-pura lupa berhutang karena menganggap bahwa Kalian memiliki banyak uang. Untuk mengatasi masalah ini, Kalian dapat berpura-pura curhat kepada mereka. Inti dari curhat ini adalah bahwa Kalian sedang membutuhkan lebih banyak uang untuk melakukan sesuatu.

Dengan curhatan ini, si penghutang menjadi tahu bahwa kalian memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga, mereka akan tergerak untuk mengembalikan uang yang ia pinjam. Jika ia tidak tergerak juga, tagihlah hutang tersebut secara halus di akhir curhatan.

Dalam berpura-pura curhat, Kalian tentu harus memilih waktu yang tepat. Misalnya saat kalian sedang mengobrol, pelan-pelan arahkan pembicaraan pada kebutuhan atau keinginan kalian untuk membeli sesuatu namun nyatakan bahwa kalian tidak memiliki uang untuk itu.

3. Tetapkan deadline


cara menagih utang ke teman
Source : qmfinancial.com
Apabila saat Kalian menagih hutang, si penghutang tidak dapat mengembalikan uang yang ia pinjam, maka sebaiknya Kalian menetapkan deadline. Dalam menentukan deadline ini, hindarilah pemaksaan pendapat satu pihak saja. Deadline ini harus merupakan jalan tengah antara keinginan si penghutang dan orang yang memberi hutang.

Memaksakan pendapat satu orang saja sangat tidak dianjurkan karena akan memberi banyak efek buruk. Salah satunya adalah memperburuk hubungan pertemanan. Selain itu, jika Kalian memaksa si penghutang untuk membayar hutangnya lebih cepat, ada kemungkinan ia tidak akan dapat melunasinya. Oleh sebab itu, rundingkanlah deadline ini dengan matang.

4. Minta dibayarin saat jalan bareng


Beberapa penghutang terkadang suka semaunya sendiri, ditagih hutangnya tidak mau bayar, sudah waktunya bayar hutang tidak bisa bayar. Untuk menghadapi mereka, Kalian harus menggunakan sedikit kelicikan saat menagih hutang.

Salah satu cara licik untuk memperoleh pembayaran hutang adalah dengan cara minta dibayarin saat jalan bareng atau makan bareng. Pada kesempatan tersebut, belilah suatu barang yang Kalian butuhkan dan minta ia untuk membayarnya. Namun, janganlah mengungkit hutangnya, katakan saja, “Eh, ini punyaku sekalian dibayar ya, aku lupa tidak bawa uang.”

Akan tetapi, kalian perlu mengatakannya sebelum sampai di kasir. Sehingga, Kalian tidak akan malu jika ternyata si penghutang tidak bisa membayarnya.

5. Minta tolong sahabat 


Minta tolong sahabat untuk mengingatkan si penghutang untuk mengembalikan uang yang ia pinjam dapat menjadi alternatif yang bagus. Namun, perlu diingat bahwa sahabat ini haruslah sangat akrab dengan si penghutang, tahu betul tentang masalah hutang ini, dan dapat dipercaya.

Dalam meminta tolong, Kalian juga harus melakukannya dengan  pendekatan yang sopan, ramah, dan tenang. Katakan baik-baik tentang masalah hutang tersebut tanpa mencela si penghutang. Selain itu, ungkapkan juga bahwa kalian sedang membutuhkan uang. Jangan lupa untuk menggunakan kata tolong dan ucapkan terima kasih.

6. Katakan kepada anggota keluarganya


Apabila Kalian kenal dengan anggota keluarga si penghutang, tidak ada salahnya bagi Kalian untuk menceritakan masalah hutang ini terhadap keluarganya. Namun, cara ini sebaiknya dilakukan setelah cara-cara di atas sudah dilakukan dan tidak mempan. Selain itu, cara ini juga sebaiknya dilakukan hanya jika hutang tersebut nominalnya besar.

Sebelum menghubungi keluarga si penghutang, tidak ada salahnya bagi Kalian untuk mengutarakan maksud tersebut kepadanya. Ini tidak hanya menjadi sarana untuk meminta izin tapi juga untuk memberi ancaman ringan. Teman yang berhutang biasanya malu jika keluarga tahu tentang hutangnya dan akan membayarnya sebelum Kalian menghubungi keluarganya.

Baca juga : Kejujuran adalah mata uang yang berlaku dimana mana

7. Sindir dengan halus


Sindiran halus dapat mengingatkan seseorang akan hutangnya. Namun, Kalian harus benar-benar berhati-hati dalam melakukannya. Selain itu, Kalian juga tidak dapat melakukannya di sembarang waktu. Jika sampai salah dalam melakukannya, pertemanan kalian dapat rusak dan parahnya, ia tidak mau mengembalikan uang yang ia pinjam.

Waktu yang tepat untuk menyindirnya adalah ketika Kalian mengobrol dengan si penghutang dan teman-teman lainnya. Apabila salah satu teman kalian mengeluh tidak punya uang, Kalian harus ikut-ikutan mengeluh dan mengatakan bahwa uang Kalian habis dihutang orang. Selain itu, Kalian juga dapat menyindir mereka lewat status media sosial.

8. Ceritakan azab tentang orang yang tidak mau membayar hutang


Seperti yang Kalian tahu, di televisi ada banyak sinetron azab. Nah, Kalian dapat menggunakannya untuk mengingatkan hutang yang teman kalian miliki. Saat sedang nongkrong dan ngobrol bareng, Kalian dapat menceritakan tentang sinetron ini, terutama tentang azab orang yang tidak membayar hutang.

Selain itu, Kalian juga dapat memposting sampul majalah Hidayah yang berkaitan dengan kelalaian membayar hutang di media sosial. Alternatif lainnya, Kalian dapat memposting meme menarik tentang menagih hutang atau meme yang berbau anjuran agama untuk membayar hutang.

9. Pinjam uang darinya


Cara lain untuk memperoleh uang Kalian kembali adalah dengan cara meminjam uang kepada mereka. Cara ini sangat cocok bagi Kalian yang tidak nyaman menagih hutang atau untuk penghutang yang semaunya sendiri dan tidak mau membayar hutang. Jadi, alih-alih menagih hutang, Kalian malah berhutang kepada mereka.

Percaya atau tidak, cara ini kemungkinan besar berhasil dan Kalian akan memperoleh uang kalian kembali. Untuk memperbesar kesempatan Kalian memperoleh pinjaman uang dari teman yang berhutang, Kalian harus menggunakan kata-kata yang meyakinkan dan memelas.

10. Tagih saat tanggal muda 


Saat tanggal muda atau gajian, dekatilah si penghutang dan tagihlah hutangnya. Waktu tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk menagih hutang. Karena Kalian tahu benar bahwa ia memiliki banyak uang, mereka kesulitan mengelak atau membuat alasan.

Namun, apabila teman tersebut masih saja mengelak dan mencari-cari alasan agar tidak membayar hutang, maka Kalian harus bersikap tegas. Katakanlah kepadanya bahwa yang butuh uang itu tidak hanya dirinya sendiri. Selain itu, sebagai alternatif, Kalian dapat meminta mereka untuk membayar setengah dari jumlah hutangnya terlebih dahulu.

Baca juga : 50+ Kata Bijak Tentang Hidup Mandiri

Semua cara menagih utang ke teman di atas, dapat kalian coba salah satunya atau semuanya. Jika satu cara tidak mempan, gunakanlah cara lainnya sampai teman tersebut mau mengembalikan uang Kalian. Selamat mencoba.

Belum ada Komentar untuk "10 Cara Menagih Utang ke Teman Tanpa Menyakiti"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel