10 Tips Biar Cepat Lulus Kuliah Untuk Mahasiswa

Tips Biar Cepat Lulus Kuliah - Sejatinya, kuliah S1 ditempuh selama 8 semester atau 4 tahun. Akan tetapi, ada banyak mahasiswa yang membutuhkan waktu lebih dari 4 tahun untuk lulus. Padahal, semakin lama waktu kuliah yang Kalian tempuh, semakin besar pula biaya yang dibutuhkan. Untuk menghindari pembengkakan biaya tersebut, Kalian dapat mengikuti tips biar cepat lulus kuliah berikut ini.

Ini Dia Tips Biar Cepat Lulus Kuliah 

1. Segera kerjakan tugas


tips biar cepat lulus kuliah
Source : idntimes.com
Sebagai mahasiswa, Kalian pasti akan memperoleh banyak tugas. Tugas tersebut biasanya harus dikumpulkan pada waktu yang telah ditentukan. Selain itu, tugas kuliah biasanya memiliki bobot nilai yang cukup besar dalam suatu mata kuliah. Oleh karenanya, Kalian harus mengerjakannya dengan semaksimal mungkin.

Dalam mengerjakan tugas, Kalian tidak boleh menunda-nunda. Jika Kalian tidak segera mengerjakannya, tugas akan semakin menumpuk dan waktu untuk mengerjakannya semakin sedikit. Sehingga, hasil tugas tersebut kurang baik dan akibatnya nilai mata kuliah secara keseluruhan tidak memuaskan yang akhirnya dapat menghambat kelancaran studi.

2. Usahakan selalu berangkat kuliah

Kerajinan sangat mempengaruhi studi kalian. Hal ini karena saat hadir di kelas, Kalian akan memperoleh pemahaman yang baik tentang mata kuliah yang diajarkan. Dengan demikian, Kalian akan dapat mengerjakan ujian dengan baik pula. Sehingga, Kalian dapat memperoleh nilai yang baik untuk mata kuliah yang diambil.

Dengan nilai-nilai yang baik, Kalian akan memperoleh kelancaran selama studi. Sehingga, kuliah tersebut dapat diselesaikan dengan cepat.

3. Usahakan setiap mata kuliah lulus dengan nilai memuaskan

Selama menjalani studi, mahasiswa pasti akan mengambil bermacam-macam mata kuliah. Setiap mata kuliah memiliki tantangannya sendiri, ada yang mudah dan ada yang sulit. Apapun kesulitan mata kuliah yang Kalian ambil, Kalian harus lulus dengan nilai memuaskan jika ingin cepat lulus.

Apabila semua nilai mata kuliah Kalian di semester ini memuaskan, Kalian pasti akan memperoleh IPK yang tinggi. Mahasiswa yang memperoleh IPK tinggi biasanya dapat mengambil lebih banyak SKS. Dengan demikian, mereka dapat lulus dengan lebih cepat.

Sebisa mungkin, Kalian tidak boleh mendapat nilai C atau bahkan D selama kuliah. Apabila memperoleh nilai ini, Kalian terpaksa harus mengulang mata kuliah yang nilainya jelek tersebut. Akibatnya, waktu tempuh studi kalian terancam molor.

4. Ambil lebih banyak SKS

Salah satu tips biar cepat lulus kuliah yang paling jitu adalah ambil SKS sebanyak mungkin di tiap semester. Dengan IPK lebih dari 3, Kalian biasanya dapat mengambil 24 SKS. Apabila setiap semester Kalian mengambil 24 SKS, Kalian pasti dapat memotong waktu studi. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan untuk mengambil lebih banyak SKS.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa semakin banyak SKS yang diambil maka akan semakin sibuk perkuliahan yang dijalani. Oleh karena itu, kalian harus rela mengurangi kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat agar cepat lulus.

5. Ambil Semester Pendek

Tips cepat lulus yang kelima adalah dengan mengambil semester pendek. Kalian juga harus rela tidak menikmati libur panjang. Saat liburan kuliah, yang dimulai sekitar akhir Juni hingga Agustus, kampus-kampus biasanya mengadakan Semester Pendek (SP). Di semester ini, mahasiswa mendapat kesempatan untuk menambah jumlah SKS yang ditempuh ataupun mengulang mata kuliah yang tidak lulus.

Di setiap SP, Mahasiswa biasanya dapat mengambil 6 SKS. Jika setiap semester ini, mereka mengambil SKS sejumlah tersebut, mereka dapat memangkas waktu studi hingga satu semester. Dengan demikian, mereka dapat lulus dalam waktu 3,5 tahun.

Jadi, jika Kalian ingin cepat lulus, Kalian harus selalu mengikuti SP yang ditawarkan oleh kampus kalian. Untuk bisa menjalaninya, Kalian juga tentu harus membayar setiap SKS yang diambil. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mempersiapkan biaya tersebut.

6. Pikirkan skripsi lebih awal

Skripsi merupakan tantangan besar bagi setiap mahasiswa. Banyak mahasiswa yang mengalami hambatan saat mengerjakan skripsi. Hambatan tersebut terkadang terjadi di awal, yaitu kesulitan menemukan judul skripsi yang cocok dan disetujui oleh dosen.

Untuk menghindari masalah tersebut, Kalian sebaiknya mempersiapkan skripsi lebih awal. Pada semester 5 atau 6, Kalian perlu mulai melihat-lihat skripsi di perpustakaan dan mencari judul skripsi yang kira-kira disetujui dosen dan mampu Kalian kerjakan.

Setelah memperoleh judul, Kalian juga perlu melihat buku-buku referensi atau jurnal yang bisa digunakan untuk menunjang judul skripsi tersebut. Selain itu, kalian juga perlu membaca skripsi-skripsi kakak angkatan dengan judul sejenis. Sehingga, Kalian dapat memperoleh gambaran bagaimana cara mengerjakan skripsi ini.

Jika diperlukan, persiapan tersebut tidak berhenti setelah Kalian memperoleh judul. Ada baiknya kalian sekalian mencoba menulis proposalnya. Dengan mempersiapkan skripsi lebih awal, Kalian dapat menjalani skripsi dengan lebih lancar dan lebih cepat. Sehingga, Kalian dapat mempercepat waktu studi.

7. Kerjakan skripsi dengan giat

Saat Kalian sudah sampai pada tahap pengerjaan skripsi, Kalian harus benar-benar serius dalam menjalaninya. Rajin bimbingan skripsi dengan dosen pembimbing adalah suatu keharusan. Setiap kali selesai bimbingan, Kalian harus segera melakukan apa yang perlu dilakukan, entah itu revisi ataupun mengerjakan bab berikutnya.

Semakin Kalian rajin dan giat dalam mengerjakan skripsi, semakin cepat kalian dapat menyelesaikannya. Selain itu, Kalian juga tidak boleh mudah menyerah dalam menghadapi tantangan yang ada saat mengerjakan skripsi.

8. Memotivasi diri sendiri

Mempersingkat waktu tempuh studi bukanlah hal yang mudah. Untuk mencapai tujuan ini, dibutuhkan tekad yang kuat, disiplin tinggi, dan kerja keras. Jadi, tak heran jika terkadang mahasiswa merasa sedikit kurang berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut.

Saat perasaan ini menyerang, Kalian harus bisa memotivasi diri sendiri. Sehingga, Kalian dapat bangkit dari keterpurukan ini. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menyemangati diri sendiri. Salah satunya adalah dengan mengingat perjuangan yang dilakukan orangtua untuk membiayai kuliah Kalian.

Selain itu, Kalian juga dapat memotivasi diri dengan cara mengingat kembali ambisi yang ingin Kalian raih. Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memberi hadiah untuk diri sendiri karena telah bekerja keras selama ini.

9. Atur waktu dengan baik 

Untuk bisa cepat lulus kuliah, Kalian harus pandai mengatur waktu. Mempersingkat waktu tempuh kuliah pasti akan membuat Kalian menjadi sangat sibuk. Padahal sebagai mahasiswa, Kalian juga perlu aktif berorganisasi dan sedikit bersenang-senang dengan teman. Jika terlalu sibuk belajar, mengerjakan tugas, dan mengerjakan skripsi, Kalian tentu akan merasa tertekan.

Oleh karena itu, Kalian harus tetap fokus untuk lulus kuliah dengan cepat namun juga tak lupa untuk sesekali bersenang-senang. Saat tugas-tugas sudah selesai dikerjakan dan ada waktu luang, Kalian dapat menghabiskan waktu dengan nongkrong bersama teman, melakukan hobi, atau berorganisasi.

Salah satu cara untuk dapat mengatur waktu dengan baik adalah dengan membuat jadwal. Dalam jadwal tersebut, buatlah rencana pengerjaan tugas kuliah yang efisien dalam satu minggu. Sehingga, Kalian masih akan memiliki sisa waktu untuk bersenang-senang.

10. Berdoa

Usaha yang tidak diiringi dengan doa pasti akan sia-sia. Oleh sebab itu, jika Kalian ingin cepat lulus kuliah, sebaiknya sertailah kerja keras kalian dengan doa. Dengan berdoa, Tuhan pasti akan memberi kelancaran di setiap usaha yang Kalian lakukan.

Untuk bisa lulus dalam waktu kurang dari 4 tahun, Kalian harus mempraktikkan semua tips biar cepat lulus di atas. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tips di atas tidak akan berhasil jika tidak dilaksanakan dengan sepenuh hati.

Baca juga : Cara Cepat Lulus Kuliah di UT

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Biar Cepat Lulus Kuliah Untuk Mahasiswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel