Keberagaman Budaya: Salah Satu Kekayaan Indonesia Yang Tiada Tara

Keberagaman budaya di Indonesia membuat negara kita menjadi negara dengan kekayaan budaya yang luar biasa, ribuan bahasa daerah, pakaian adat, rumah adat, hingga kesenian daerah yang cukup memusingkan bila harus kita hafalkan satu-persatu karena saking banyaknya.

Dari sabang sampai merauke kita bisa melihat hasil cipta karya dan karsa masyarakat Indonesia, ada wayang, ketoprak, ondel-ondel hingga tari kecak yang ada di Bali. Semua kebudayaan itu adalah aset berharga milik Indonesia yang wajib untuk kita lertarikan dan kita jaga.

Dengan menjaga keberagaman budaya tersebut diharapkan anak cucu kita nanti masih bisa melihat budaya kita yang luhur dengan berbagai filosofi mendalam. Terlebih lagi, kebudayaan ini bila kita kelola dengan baik dapat menjadi umpan untuk menarik wisatawan asing datang ke Indonesia. Percayalah bahwa manfaat keberagamaan budaya ini sangat banyak bagi negara, bangsa dan masyarakat.

Ketika banyak wisatawan asing yang datang ke Indonesia, banyak pihak yang diuntungkan. Mulai dari meningkatnya pendapatan negara sampai meningkatkan kesejahteraan rakyat bawah karena bisa memanfaatkan wisatawan asing yang datang, misal dengan berjualan, menawarkan jasa tour guide dll.

Kekayaan Indonesia Yang Tiada Tara

Keberagaman Budaya
Keberagaman Budaya

Tidak ada negara lain yang memiliki kebudayaan yang sangat banyak seperti di Indonesia, bahkan negara lain cukup kagum dengan kita. Bagaimana bisa negara dengan berbagai macam etnis dan budaya bisa bersatu dan bertahan menjadi satu negara?

Indonesia dengan beraneka ragam budaya itu memang bukan menjadi alasan untuk berpisah, justru menjadi lem perekat agar kita semakin erat seperti semboyan kita "Bhinneka Tunggal Ika" yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua.

Walaupun kita berbeda, namun kita tetap satu tujuan. Para pendiri-pendiri bangsa Indonesia ini telah sepakat bahwa Indonesia adalah satu, walaupun bahasanya banyak namun kita bersatu dengan bahasa Indonesia, tentu saja tanpa melupakan bahasa daerah masing-masing.

Belum ada Komentar untuk "Keberagaman Budaya: Salah Satu Kekayaan Indonesia Yang Tiada Tara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel