Q&A 20 : Jelaskan latar belakang bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia!

Question & Answer
Question & Answer

Question : Jelaskan latar belakang bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia!

Answer : 
Ada beberapa faktor yang melatar belakangi bangsa Barat datang ke Indonesia, antara lain :

Bangsa barat datang ke Indonesia salah satunya adalah karena tertarik dengan sumber daya alam yang kita miliki, terutama rempah-rempah hasil bumi seperti cengkeh, kemiri, merica, dan kayu manis. Rempah-rempah hasil bumi tersebut sangat dibutuhkan oleh bangsa barat, karena diwilayah mereka rempah-rempah tersebut tidak dapat tumbuh subur seperti di Indonesia. 

Siapa sih yang ngga cinta dengan rasa masakan orang Indoonesia? itu semua ya karena rempah-rempahnya yang sangat lengkap.

Faktor kedua yang melatar belakangi bangsa barat datang ke Indonesia adalah adanya revolusi Industri dan motivasi 3 G (Gold, Glorry, dan Gospell). 

Revolusi industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang yang dikejakan oleh tenaga manusia atau hewan menjadi tenaga mesin. Penggunaan mesin dalam industri menjadikan produksi lebih efisien, ongkos produksi dapat ditekan, dan barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat. Berkembangnya revolusi industri menyebabkan bangsa-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak. Mereka juga memerlukan daerah pemasaran untuk hasil-hasil industrinya. Selain itu penemuan kapal-kapal dan alat trasnportasi tersebut turut mendorong timbulnya keinginan bangsa bangsa Eropa untuk berpetualang.

Sementara itu berkembangnya paham merkantilisme mendorong semangat bangsa-bangsa Eropa untuk mencari kekayaan sebanyak-banyaknya. Semangat mencari kekayaan tersebut beriringan dengan semangat mencapai kejayaan dan kesucian. Dalam melakukan perjalanan ke Indonesia, bangsa-bangsa Barat menginginkan kejayaan (kemenangan) sekaligus kesucian, yakni menyebarkan agama Kristen. Tiga semangat tersebut (kekayaan, kejayaan, dan kesucian) menjadi semboyan perjalanan bangsa-bangsa Eropa yang terkenal dengan 3G atau Gold (emas), Glory (kejayaan) dan Gospel (kesucian).  

Komentar

Postingan Populer