Q&A 16 : Sebutkan 4 Faktor Produksi Dalam Kegiatan Ekonomi !

Question & Answer
Question & Answer


Question : Sebutkan 4 Faktor Produksi Dalam Kegiatan Ekonomi !

Answer : 
Dalam kegiatan ekonomi, faktor produksi dibagi menjadi 4 faktor yaitu faktor produksi alam, faktor produksi tenaga kerja, faktor produksi modal dan faktor produksi kewirausahaan. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Faktor Produksi Alam (Sumber Daya Alam) 
Faktor produksi alam merupakan segala sesuatu yang disediakan alam untuk dimanfaatkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya. Faktor produksi alam terdiri dari : tanah, air, tenaga alam, barang  tambang, iklim. 

2. Faktor produksi Tenaga Kerja (Sumber Daya Manusia) 
Faktor  produksi tenaga kerja merupakan  segala kegiatan manusia yang dicurahkan dalam proses produksi untuk  menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa. Faktor produksi tenaga kerja merupakan faktor produksi yang memegang peranan penting dalam proses produksi. Tanpa tenaga kerja, sumber daya alam yang dianugerahkan oleh Tuhan YME kepada  kita tidak akan ada gunanya.

3. Faktor Produksi Modal 
Manusia dapat melakukan proses produksi tidak hanya dengan mengandalkan faktor produksi alam dan faktor produksi tenaga kerja. Petani dapat saja menanam padi hanya dengan menggunakan tanah dan tenaga yang dimilikinya. Akan tetapi coba kamu bayangkan, tentu petani tersebut akan memanen padi lebih banyak apabila dalam bercocok tanam ia menggunakan alat bantu misalnya cangkul, traktor dan sebagainya. Dalam pengertian ekonomi segala benda atau alat buatan manusia yang dapat digunakan untuk memperlancar proses produksi dalam menghasilkan barang atau jasa disebut modal. 

4. Faktor Produksi Kewirausahaan atau Entrepreneurship 
Faktor produksi kewirausahaan adalah kemampuan intelektual seseorang untuk mengelola atau menyatukan ketiga faktor produksi di atas dalam suatu proses produksi. 

Komentar

Postingan Populer