Mengintip Multifungsinya Allisya Protection Plus, Asuransi Halal Untuk Keluarga Masa Kini

Yogyakarta, Jadibijak.com- Hidup terjamin dengan berbagai perlindungan maksimal tentu menjadi idaman bagi setiap keluarga masa kini, menggunakan berbagai bentuk perlindungan seperti asuransi bukan berarti karena tidak percaya dengan kekuatan Allah dan takdirnya. Tapi, lebih ke berusahanya manusia untuk mendapatkan yang terbaik.

Ada sih orang yang nyinyir tentang asuransi "ngapain pakai asuransi, mau siap-siap sakit biar bisa diclaim?". Kalau ditanya tentang sakit, ya pasti ngga ada yang mau terkena sakit. Tapi ingat, ketika sakit kita juga diwajibkan untuk berusaha terlebih dahulu agar sembuh, walaupun sejatinya yang memberikan kesembuhan itu Tuhan.

Ini juga sesuai dengan firman-Nya dalam Al-Qur'an yang artinya :

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubah apa apa yang pada diri mereka ” QS Ar-Rad'(13) ayat yang ke-1.

Manusia memang diwajibkan untuk berusaha terlebih dahulu baru kemudian diserahkan kepada Allah swt. Orang menggunakan asuransi juga bukan karena siap-siap bila esok tua sakit, pasti orang lebih memilih untuk tidak sakit. Itulah pemahaman kuno, pemahaman tentang ke-egoisan dalam urusan "asuransi".

Maka dari itu artikel kali ini akan mencoba untuk memberikan sedikit pemahaman bahwa asuransi tidak hanya sekedar untuk menjamin diri sendiri, tapi juga memiliki multifungsi sebagai wadah tolong menolong dan saling bantu antar sesama manusia, dan itu hanya dimiliki oleh asuransi syariah.
Mengintip Multifungsinya Allisya Protection
Mengintip Multifungsinya Allisya Protection
Mengenal Konsep Asuransi Syariah Yang Mengedepankan Tolong Menolong dan Saling Melindungi
Asuransi syariah merupakan asuransi yang berpegang teguh pada prinsip-prinsip syariah, fungsinya hampir mirip dengan asuransi konvensional. Hanya saja dalam asuransi syariah produknya dikelola secara transparan dan terbuka. 

Asuransi syariah dalam prinsipnya selalu mengedepankan tolong menolong dan saling melindungi antar anggota. Prinsip tolong menolong antar sesama ini sesuai dengan firman Allah yang terdapat dalam Q.S. Al-Maidah ayat 2 yang artinya :

"Dan  tolong-menolonglah  kamu dalam  mengerjakan  kebajikan dan  taqwa,  dan  jangan  tolong menolong  dalam  berbuat  dosa dan  pelanggaran".

Tolong menolong juga sesuai dengan prinsip manusia sebagai makhluk sosial, bahwa sesungguh manusia tidak dapat hidup sendiri, membutuhkan pertolongan dari orang lain. Sehingga manusia akan selalu bergerombol menjadi satu keluarga yang disebut dengan dunia.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan tentang asuransi syariah dan yang membedakannya dengan asuransi konvensional :
Asuransi Syariah
Asuransi Syariah
1. Kesempatan Berbuat Kebajikan
Dengan prinsip yang mengedepankan tolong menolong dan saling melindungsi, asuransi syariah Allisya Protection Plus tidak hanya memberikan perlindungan secara maksimal untuk para pengguna produk asuransi syariah, melainkan juga memberikan kesempatan untuk berbuat baik kepada sesama pengguna.

Ketika kita menggunakan produk dari asuransi syariah, disitu akan ada perjanjian bahwa sebagian premi yang dibayarkan oleh pengguna akan dialokasikan untuk tujuan tolong menolong sesama pengguna asuransi. Tolong menolong ini dikenal sebagai ta'awun.

Dalam asuransi syariah, premi yang dibayarkan oleh pemegang polis akan dimasukkan kedalam tiga rekening yang berbeda, yang pembagiannya sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati (polis).

Tiga rekening tersebut antara lain rekening tabarru (kebajikan), rekening tabungan peserta dan rekening perusahaan asuransi. Dengen rekening tabarru inilah yang digunakan sebagai salah satu jalan untung saling tolong menolong sesama manusia.

Konsep tolong menolong yang terkandung dalam asuransi syariah adalah Adanya dana tabarru tersebut (tolong menolong) di antara peserta asuransi untuk menanggung risiko secara bersama-sama atau Sharing of risk. Jika ada salah satu peserta yang mengalami kecelakaan atau kematian, maka dana tersebut dapat di gunakan untuk membantu peserta yang mengalaminya, atau dalam istilah asuransi disebut dengan klaim.

Maka para peserta sudah ridho, jika dana yang terkumpul dihibahkan atau diberikan kepada peserta lain yang mengalami kecelakaan, kematian atau peserta yang mengajukan klaim. Dari sikap tersebut mengandung nilai sosial dan nilai ibadah bagi para peserta asuransi, karena asuransi syariah menggunakan akad tabarru (tolong menolong), mereka yang menjadi peserta dapat membantu dan saling melindungi peserta yang lain  untuk menanggung resiko.


2. Uang Pertanggungan Bisa Diwariskan atau Dihibahkan
Ketika pengguna wafat maka pengguna berhak mendapatkan uang pertanggungan atas jiwa yang diasuransikan, uang ini dapat diambil dan diserahkan kepada ahli waris atau disedekahkan/dihibahkan untuk kebaikan seperti membangung masjid, sekolah, membantu korban bencana dll.

3. Terdapat Dewan Pengawas Syariah (DPS)
Tidak seperti pada asuransi konvensional yang pengawasan dananya dilakukan oleh internal manajemen, tapi pada asuransi syariah dananya diawasi oleh dewan pengawas syariah agar para perusahaan asuransi selalu mengedepankan prinsip-prinsip syariah dalam setiap kegiatannya, terutama pada hal tentang pengelolaan dana asuransi.

DPS ini bekerja dibawah Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan bertanggung jawab kepadanya.

4. Berbagai Pilihan Investasi Syariah
Seperti asuransi pada umumnya, pihak perusahaan juga memberikan kesempatan kepada pemilik dana untuk menginvestasikan dananya. Tapi investasi ini khusus yang berbasis syariah dan jelas kehalalannya. Pada asuransi jiwa Allsya Protection Plus misalnya, memberikan dua pilihan jenis investasi yaitu AlliSya Rupiah Fixed Income Fund dan AlliSya Rupiah Balanced Fund.

Mengenal Allisya Protection Plus Sebagai Asuransi Berbasis Syariah di Indonesia

Allisya Protection Plus merupakan salah satu produk asuransi yang didirikan oleh PT Asuransi Allianz Life Indonesia. Produk ini mencakup asuransi untuk pendidikan, tabugan, dana pensiun atau kombinasi dari berbagai kebutuhan dan memberikan perlindungan Jiwa yang pasti dan maksimal sampai maksimum berusia 100 tahun, dimana besarnya Santunan Asuransi dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, sehingga perlindungan maksimal dapat diberikan kepada keluarga tercinta sekaligus investasi jangka panjang yang menarik.

Manfaat Yang Diberikan Allisya Protection Plus
Manfaat Allisya Protection Plus
Manfaat yang diberikan Allisya Protection Plus
8 Keunggulan Allisya Protection Plus
  1. Pengguna asuransi Allisya Protection Plus dapat memilih sistem pembayarannya, mau bulanan, kuartalan, semester, atau tahunan.
  2. Manfaat asuransi bila terjadi musibah berupa santunan asuransi plus nilai investasi.
  3. Bebas menentukan masa pembayaran premi.
  4. Pengguna asuransi Allisya Protection Plus dapat menambah dana untuk berinvestasi secara syariah kapanpun bila menginginkan investasi.
  5. Penarikan dana yang ada pada tabungan peserta dapat ditarik bila ada kebutuhan darurat atau untuk memenuhi kebutuhan finansial keluarga peserta.
  6. Pengguna asuransi Allisya Protection Plus dapat membuat sendiri rencana keuangan keluarga sesuai kebutuhan dan mereviewnya kapanpun diperlukan.
  7. Pengguna asuransi Allisya Protection Plus dapat menambahkan jenis perlindungan lainnya kapanpun dibutuhkan seperti santunan kecelakaan, penyakit kritis, cacat tetap total atau meninggal baik bagi Anda atau pasangan Anda.
  8. Pengguna asuransi Allisya Protection Plus dapat mengikut sertakan program ini untuk anak-anak, pasangan, saudara kandung, dan keluarga Anda lainnya.

Multifungsinya Allisya Protection Plus, Asuransi Halal Untuk Keluarga Masa Kini

Dengan melihat berbagai konsep tentang asuransi syariah, kita dapat mengambil kesimpulan sementara bahwa seorang pengguna produk asurasi syariah akan mendapatkan manfaat ganda, selain mendapatkan perlindungan atas aset yang diasuransikan juga dapat berbuat baik dengan sesama pengguna produk asuransi syariah.

Selain itu kamu juga bisa menginvestasikan danamu secara syariah dengan berbagai pertimbangan risiko dari kecil, sedang sampai besar.

So, kesimpulannya bahwa Allisya Protection Plus adalah asuransi jiwa dan investasi yang berbasis syariah, yang tidak hanya memberikan perlindungan maksimal pada aset yang diinvestasikan tetapi juga sebagai media investasi dan tolong menolong sesama manusia.

Dengan berbagai kelebihan tersebut tentunya Allisya Protection Plus menjadi salah satu asuransi halal yang cocok untuk keluarga masa kini.

Saat ini PT Asuransi Allianz Life Indonesia sedang melakukan kampanye Kado Umroh Allianz untuk para blogger (yang saat ini sedang berlangsung), jadi para blogger dapat mengikut blog competition yang sedang berlangsung hingga 31 Agustus 2018 nanti, hadiah utamanya Umroh lho, wow kan. Yuk, segera ikut dan ramaikan blog kontes ini.

Komentar

Postingan Populer