Kumpulan Hadits Tentang Pakaian Berwarna Putih

Jadibijak.com, Kumpulan Hadits Tentang Pakaian Berwarna Putih - Pakaian mencerminkan martabat yang dimiliki oleh seseorang, bila rusak pakaiannya maka rusak pula martabatnya. Anggap saja bila seorang wanita menampakkan aurat yang tidak pantas untuk diperlihatkan, maka sama aja dia telah merusak martabatnya.

Bahkan sakin pentingnya pakaian ini, dalam penyebutan (sandang, papan dan pangan) pakaian menjadi yang pertama kali disebut. Itu menandakan bahwa pakaian lebih penting dari papan maupun pangan (makanan).

Dan itulah yang seharusnya dijadikan sebagai prinsip kita, berkebalikan dengan kondisi saat ini yang mana orang lebih mementingkan pangan (makanan) ketimbang sandang (pakaian).

Maka tidak heran apabila kita temukan orang lebih memilih telanjang ketimbang kelaparan, orang sudah tidak peduli telanjang atau tidak yang penting perut kenyak. Padahal dari pakaian itulah martabat kita, ketika pakaian kita rusak maka rusaklah martabat kita.

Rasulullah sangat menyukai pakaian warna putih, karena warna putih itu bersih dan melambangkan kesucian. Bila dipakai untuk sholat, pakaian warna putih tentu sangatlah baik. Maka Rasulullah sering sekali memakai gamis warna putih.

Saking baiknya, warna putih juga dijadikan sebagai kain terakhir manusia di dunia. Ya, dijadikan sebagai kain kaffan saat kita meninggal nanti.

Tidak hanya itu bila kita pergi Haji ke Mekkah, maka dominan dari pakaian ihram adalah berwarna putih.

Berikut ini adalah kumpulan hadits tentang pakaian berwarna putih. Yang semoga dengan ini menjadikan kita lebih memperhatikan pakaian yang kita kenakan, yuk budayakan memakai pakaian putih, wkwk.

Allah berfirman :
Hai anak Adam, Kami telah menurunkan kepada kamu pakaian untuk menutup aurat kamu, dan perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang terbaik bagi kamu. (Q.S. Al-A'raaf ayat 25).
Allah berfirman :
Dan menjadikan bagi kamu pakaian untuk panas, dan pakaian untuk menjaga diri dalam perang. (Q.S. An-Nahl ayat 81).

Kumpulan Hadits Tentang Pakaian Berwarna Putih

Kumpulan Hadits Tentang Pakaian Berwarna Putih
Kumpulan Hadits Tentang Pakaian Berwarna Putih

1. Ibn 'Abbas r.a. berkata: Rasulullah s.a.w bersabda : Pakailah pakaian yang putih karena itu sebaik-baiknya pakaian kamu, dan gunakan untuk pembungkus jenazah. (H.R. Abu Dawud, Attirmidzy).

2. Samuroh r.a. berkata: Rasulullah s.a.w bersabda : Pakailah pakaian yang putih, karena lebih suci dan baik, dan gunakan untuk bungkus jenazah orang mati kamu.  (H.R. Annasa'i, Alhakim).

Demikian kumpulan hadits tentang pakaian putih, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa share ke sosial media ya guys.
 

Komentar

Postingan Populer