Ikan Hiu Bukan Untuk Di Konsumsi, Tapi Untuk Dilindungi

Selamat datang di jadibijak.com yang akan menginspirasi semua orang agar menjadi orang yang bijak dalam hidup ini. Ikan hiu adalah salah satu predator laut yang keberadaannya mulai terancam punah, terancamnya ini akibat tidak seimbangnya antara perkembang biakannya dengan penangkapan hiu yang semakin marak terjadi.

Dari segi harga dagingnya ikan hiu tergolong murah, hanya saja yang paling mahal adalah sirip ikan hiu yang per kilogramnya mencapai harga 3 juta rupiah. Sirip-sirip ikan hiu ini akan digunakan sebagai obat kalau tidak salah. 

Sehingga sampai sekarang ini masih ada saja yang menjadi pengepul dan mencari keberadaan ikan predator kali ini. Padahal pemerintah melalui beberapa peraturan sudah memberikan pelarangan untuk menangkap ikan hiu ini. Tapi tetap saja, masih banya nelayan yang membawa ikan hiu sebagai hasil berlayarnya, walaupun katanya sih karena tidak sengaja tertangkap dan masuk ke jaring.

Saya sempat melihat film dokumenter dari salah satu acara televisi, yang menginformasikan bahwa para nelayan sering ketambahan ikan hiu dalam daftar hasil tangkapannya. Tidak hanya ikan hiu yang kecil-kecil saja, tetapi ikan hiu yang beratnya hingga 20 kg pun juga tertangkap. Bahkan ikan hiu martil yang merupakan salah satu hiu yang dilindungi pun juga tidak luput dari penangkapan para nelayan.

Uniknya, masih ada saja yang menjadi pengepul khusus ikan hiu. Tidak heran sih, karena hampir semua bagian ikan hiu dapat dimanfaatkan. Sirip ikan hiu yang memiliki nilai ekonomis tinggi, kemudian daging ikan hiu yang biasanya dipakai sebagai ikan panggang khas jawa barat. Bahkan kepala ikan hiu pun masih dimanfaatkan tulangnya untuk di ekspor ke china.

Hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara nomer 1 yang menjadi negara terbanyak dalam mengkonsumsi ikan hiu. Berikut adalah daftar ikan hiu yang dilindungi.

ikan hiu yang dilindungi
Ikan hiu yang dilindungi


Jika demikian maka kita sebagai masyarakat harus bijak, agar penangkapan ikan hiu tidak terus menerus menjamur. Caranya dengan mendukung program pemerintah dalam pelarangan penangkapan ikan hiu.

Cara simplenya sih tidak mengkonsumsi ikan hiu, terutama pada jenis ikan hiu yang sudah jelas-jelas dilindungi dan tidak boleh ditangkap. Dengan demikian permintaan akan ikan hiu akan turun dan tidak ada para nelayan yang dengan sengaja menangkap ikan hiu. Semisal ada yang tidak sengaja tertangkap sih tidak masalah, tapi kalau masih memungkinkan ikan tersebut dilepas kembali. Terutama jenis-jenis ikan hiu yang dilarang dan terancam kepunahan.

Komentar

Postingan Populer