Hadits Tentang Sunnah Makan Dengan Tiga Jari dan Mengambil Makanan Yang Jatuh

Jadibijak.com, Hadits Tentang Sunnah Makan Dengan Tiga Jari dan Mengambil Makanan Yang Jatuh - Indahnya Islam semua dicontohnya oleh Rasulullah sang kekasih Allah. Sampai makan pun juga dicontohkan, tentu saja karena ada manfaatnya dibalik itu semua.

"Sungguh pada diri seorang Rasulullah itu ada tauladan yang baik". Yaa, pada diri Rasulullah memang ada tauladan yang baik bagi umatnya, itu karena segala tindakan dan ucapannya adalah atas bimbingannya dari Allah swt melalui Al-Qur'an.

Salah satu bagian hidup yang Rasulullah contohkan adalah adab dalam makan dan minum. Rasulullah dalam sebuah hadits jika makan menggunakan tiga jari, khususnya ketika makan kurma atau pada saat makan makanan yang lain seperti daging dll.

Tapi, itu bukan suatu kewajiban. Dan jangan diterapkan pada semua jenis makanan, hanya yang rasional saja yang kita terapkan untuk makan menggunakan tiga jari, misalnya saat makan nasi, kurma, daging, cemil-cemilan dan lain sebagainya.

Jangan sampai makan soto atau bakso menggukan tiga jari yaa, lucu nantinya. Atau makan mie kuah menggunakan tiga jari, wkwk. Kesannya jijik dan malah kurang bermanfaat. Terlebih lagi kan panas.


Ternyata nih, setelah saya baca-baca di sumber lain, makan menggunakan jari itu lebih baik ketimbang menggunakan sendok. Makan menggunakan tangan ini dari segi kesehatan dipercaya mampu membantu perut dalam mencerna makanan, hal tersebut dikarenakan bakteri baik yang ada ditangan turut membantu dalam mencerna makanan.


Hadits Tentang Sunnah Makan Dengan Tiga Jari dan Mengambil Makanan Yang Jatuh
 Sunnah
 Sunnah

Nah, itu penelitian dari bidang kesehatan. Berikut ini adalah hadits tentang Hadits Tentang Sunnah Makan Dengan Tiga Jari dan Mengambil Makanan Yang Jatuh. 

1. Ibn 'Abbas r.a. berkata : Rasulullah s.a.w. bersabda: Jika makan salah seorang dari kamu, maka jangan keburu mengusap tangannya sebelum membersihkan makanan yang masih menempel padanya. (H.R. Bukhari, Muslim)

2. Ka'ab bin Malik r.a. berkata: Saya melihat Rasulullah s.a.w. makan dengan tiga jari, dan jika selesai, lalu memakan apa yang masih menempel pada jari-jarinya hingga bersih. (H.R. Muslim)

3. Djabir r.a.a berkata: Rasulullah s.a.w. menyuruh membersihkan sisa makanan yang di piring maupun yang di jari, sambil bersabda: Kamu tidak mengetahui di bagian yang manakah makanan yang berkat. (H.R. Muslim)

4. Djabir r.a. berkata: Rasulullah s.a.w. bersabda: Jika jatuh suapan salah seorang dari kamu, hendaknya diambil dan dibersihkan kotoran yang melekat padanya, kemudian dimakan, dan jangan dibiarkan dimakan oleh syaithan. Dan jangan keburu mengusap tangannya dengan saputangan, hingga dibersihkan benar-benar yang masih melekat dijari-jarinya, karena ia tidak mengetahui di bagian yang manakah dari makanan itu yang ada berkat. (H.R. Muslim).

5. Djabir r.a. berkata: Rasulullah s.a.w bersabda: Syaithan menghadiri (menyertai menemani) semua urusanmu, hingga di waktu makanmu. Maka apabila jatuh makanan salah seorang dari kamu, hendaknya diambil dan dibersihkan kotorannya kemudian dimakan, dan jangan dibiarkan dimakan oleh syaithan. Dan bila selesai harus membersihkan tangan, karena ia tidak mengetahui di bagian manakah dari makanan itu yang ada berkat. (H.R. Muslim).


Demikian Hadits Tentang Sunnah Makan Dengan Tiga Jari dan Mengambil Makanan Yang Jatuh. Semoga bermanfaat kawanku.

Komentar

Postingan Populer