Hadits Tentang Larangan Meniup Minuman Yang Panas

Jadibijak.com, Hadits Tentang Larangan Meniup Minuman Yang Panas - Terkadang kita sering melakukan hal-hal yang ternyata hal tersebut kurang baik untuk dilakukan, seperti meniup minuman yang panas. Ketika kita minum teh panas atau kopi yang panas, maka kita sering meniupnya agar segera dingin dan tidak terlalu panas.

Padahal tindakan tersebut kurang baik untuk dilakukan, karena nafas kita mengeluarkan karbon dioksida dan uap air (air liur). Dikhawatirkan dapat menularkan berbagai macam penyakit yang dapat tertular dari air liur. Belum lagi kuman-kuman yang ada di dalamnya.

Dalam sebuah hadits juga disebutkan bahwa Rasulullah tidak melarang sahabatnya yang bernafas dalam tempat air atau meniup ke dalamnya. Terutama apabila minuman tersebut untuk umum atau banyak orang.

Hadits Tentang Meniup Minuman
Hadits Tentang Meniup Minuman
Nah, sudah sepantasnya kita mencontoh apa yang Rasul contohkan kepada kita, bila memang minuman itu terlalu panas ya kita tunggu sampai agak mendingan. Atau dapat kita lakukan dengan membuat minuman yang tidak terlalu panas.

Oke, langsung saja ini haditsnya :

Hadits Tentang Larangan Meniup Minuman Yang Panas

1. Abu Said Alchudry r.a. berkata : Bahwasanya Nabi s.a.w telah melarang meniup dalam minuman. Seorang bertanya: Bagaimana kalau ada kotoran yang saya dapatkan dalam minuman itu? Jawab Nabi: Tuangkan. Bertanya pula : Saya tidak dapat puas dari sekali meneguk? Jawab Nabi: Jauhkan gelas dari mulutmu.

2. Ibn 'Abbas r.a. berkata: Bahwa Nabi s.a.w. telah melarang bernafas dalam tempat air atau meniup kedalamnya.


Nah diatas adalah beberapa hadits tentang larangan meniup minuman yang panas dan di dalam gelas. Jangan lupa share ya bila ini bermanfaat. Terimakasih.

Komentar

Postingan Populer