Bijak Menggunakan Kertas, Bentuk Peduli Terhadap Lingkungan

Bijak Menggunakan Kertas, Bentuk Peduli Terhadap Lingkungan - Kertas adalah salah satu kebutuhan pokok sebagian orang atau kelompok, umumnya kertas digunakan sebagai media tulis, tempat untuk mencetak tulisan/gambar dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan buku.

Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya penggunaan kertas yang berlebihan, sama aja melakukan perusakan lingkungan. Dan bila kita berbicara tentang alternatif lain, maka adanya gadget seharusnya dapat mengurangi penggunaan kertas. Mengapa penggunaan kertas harus dikurangi?

Bijak Menggunakan Kertas, Bentuk Peduli Terhadap Lingkungan
Bijak Menggunakan Kertas, Bentuk Peduli Terhadap Lingkungan

#Kertas dibuat dari kayu
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kertas bahan dasarnya adalah kayu, sementara kayu pasti berasal dari pohon. Ketika bahan pembuat kertas di eksploitasi berlebihan, maka akan semakin banyak pula pohon yang jadi korbannya. 

Tentu ini tidak baik bila eksploitasi berlebihan dan tidak disertai dengan reklamasi yang tepat. Tapi pesan moralnya adalah, gunakan kertas dengan bijak. Bila tidak perlu-perlu amat, lebih baik mencatatnya dalam bentuk digital, akan lebih aman, mudah aksesnya dan mengurangi konsumsi kertas.

#Kertas bekas jangan dibuang/dibakar
Kertas yang sudah tidak terpakai dapat dijuall atau didaur ulang, umumnya daur ulang kertas ini digunakan kemali untuk uku tulis atau untuk kertas burem. Dibawahnya lagi digunakan sebagai bahan pembuatan karton, dibawahnya lagi sebagai dasar pembuat kardus.

Intinya, bila memiliki kertas yang tidak terpakai jangan dibuang. Lebih baik dijual ke pengepul, dengan begitu pemanfaatannya akan lebih berguna lagi. Konsumsi dasar pembuat kertas alias kayupun akan berkurang.

Terlebih lagi apabila dibakar, tentu akan menghasilkan polusi udara untuk daerah sekitar tempat pembakaran kertas. Apabila dibuang maka tinta yang menempel pada kertaslah yang akan mencemari lingkungan tanah.
 
Nah itu tadi terkait tentang bijak dalam menggunakan kertas, sebagai bentuk peduli terhadap lingkungan.

Komentar

Postingan Populer